Rabu, 27 Agustus 2008

BLACKBERRY

Tahun 1997 Blackberry diperkenalakan oleh Research In Motion (RIM),perusahan kanada.
Kemampuan menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahan telepon genggam mengejutkan dunia. Kemudian Blackberry diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada pertengahan desember 2004 oleh operator INDOSAT dan perusahan Starhub, Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama Blackberry. Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi Blackberry melalui operator INDOSAT.

INDOSAT menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server. Pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator lainnya yakni Excelkom dan TELKOMSEL.

Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Service + (BES+). BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan e-mail yang berbasis Microsoft Exchange,Novel Wise,Lotus Domino,dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam.

Operator TELKOMSEL hanya menyediakan Blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server.
Pada awalnya layanan Blackberry hanya diakses melalui Smartphone Blackberry saja,tetapi seiring waktu berjalan ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui Smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500,N-9300,N-9300i,E61), Sonyericsson (P910i,M600i),Palm Treo,Dopod,dan lainnya.


* PRODUK UNGGULAN BLACKBERRY *


Produk andalan yang banyak diminati adalah surat-e gegas (push e-mail),produk ini mendapat sebutan surat-e gegas karenan seluruh surat baru,daftar kontak,dan kalender "didorong" masuk kedalam Blackberry secara otomatis. Pengguna tak perlu mengakses internet terlebih dahulu.
Fasilitas lain yang juga menjadi andalan Blackberry adalah pesan instan Yahoo messenger,Google talk dan Skype kini telah menjadi rekanan. Teknologi terkini memungkinkan kita untuk "mengobrol" (chatting) di internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA).
Tetapi yang berbeda pada Blackberry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukannya melalui jaringan nirkabel, keunggulan lain juga melalui teknologi kompresi yang menyebabkan biaya akses menjadi murah.
Penggunaan Blackberry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi Blackberry (Blackberry Connect),dengan ini pengguna tak lagi harus menggunakan perangkat genggam Blackberry untuk memanfaatkan BIS. Pengguna hanya perlu menginstalasi Blackberry Connect pada smartphone merek apapun.

Tidak ada komentar: