Rabu, 27 Agustus 2008

BLACKBERRY (II)

* SISTEM OPERASI *


RIM menyediakan Sistem Operasi multi-tugas (multi-tasking-Operation System-OS) bagi Blackberry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat. OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalender Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0 dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail,kalender,daftar tugas,catatan dan buku telepon serta tambahan dukungan bagi Novell Group Wise dan Lotus Notes.


* PERANGKAT LUNAK *


Adapun Blackberry menyediakan berbagai perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasi.

¤ BLACKBERRY ENTERPRISE SERVER (BES)

Perangkat genggam Blackberry terintegrasi pada sistem e-mail yang terorganisasi melalui paket perangkat lunak yang disebut BES, BES dapat digunakan oleh jaringan e-mail berbasis Microsoft Exchange,Lotus Domino,dan Novell Group Wise.
Khusus pada pengguna individu,dapat menggunakan layanan e-mail nirkabel yang disediakan oleh provider tanpa harus menginstalasi BES yang memang ditujukan bagi pelanggan korporasi dengan cakupan usaha besar.

¤ BLACKBERRY PROFESSIONAL SOFTWARE (BPS)

BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah, yang menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan pekerja,dalam sebuah paket yang mudah dipasang dan harganya lebih murah.

¤ BLACKBERRY INTERNET SERVICE (BIS)

Perangkat lunak yang diperuntukan bagi pengguna pribadi ini memungkinkan anda untuk mengintegrasikan Smastphone dengan 10 akun e-mail berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP) menerima dan mengirim pesan instan,serta berselancar di internet.
Dengan BIS kita juga dapat membuka tambahan data (attachment) dalam bentuk Excel,Word,Powerpoint,Pdf,Zip,Jpg,Gif dan tingkat kompresi data yang tinggi.

¤ BLACKBERRY MOBILE DATA SYSTEM (Blackberry MDS)

Sebuah aplikasi optimisasi pengembangan kerangka kerja untuk Blackberry Enterprise Solution,menyediakan sebuah alat pengembangan untuk membangun,menyebarluaskan serta mengatur interaksi antara Blackberry Smartphones dan aplikasi perusahan.


* JARINGAN SELULER *


Smartphone Blackberry dapat beroperasi pada berbagai jaringan seluler berikut,yaitu:

> CDMA 2000 1X Ev-DO
> GSM/GPRS/EDGE/UMTS
> Mike
> Mobitex dan Nextel
> Wireless Local Area
> Wi-Fi


* MODEL *

Model awal: 850,857,950,957
Model monokrom berbasis java: seri 7200,seri 7500,dan seri 7700
Model dengan kemudahan mengetik: seri 7100
Model Blackberry moderen: seri 8000 termasuk Blackberry Pearl dan Blackberry Curve.


* CRACKBERRY *

Berasal dari kata crack yang berarti kokain dan kata Blackberry. Kemudahan yang dihadirkan dalam mengakses e-mail dan pesan instan membuat para pengguna seringkali tak terlepas dari Blackberry, Efeknya kecenderungan.
Crackberry menimbulkan kekhawatiran akan perubahan ritme kerja menjadi tak sehat. Hal ini membuat beberapa pemerintahan negara membatasi bahkan melarang penggunaan Blackberry.

Tidak ada komentar: