Kamis, 28 Agustus 2008

SEJARAH TERCIPTANYA INTERNET

Internet pada mulanya berupa jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang mendemonstrasikan Hardware dan Software komputer berbasis UNIX.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,kehandalan,besar informasi yang dipindahkan yang pada akhirnya semua standar menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru dikenal kini sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Kepentingan militer adalah tujuan awalnya internet diciptakan. Mulanya ARPANET menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute,University of California,santa barbara,University of Utah,tahun 1969 mereka membentuk jaringan.
ARPANET diperkenalkan secara umum di tahun 1972,proyek ini berkembang pesat hingga ARPANET kelabakan mengaturnya.
Kemudian ARPANET dibagi dua yaitu MILNET untuk kepentingan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk non militer.

Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjdi Internet.


SEBAGIAN PERISTIWA YANG TERJADI DALAM PERJALANAN PANJANG DUNIA INTERNET


Tahun 1965 Ted Nelson mengeluarkan istilah "Hypertext".

Jaringan Tymnet dibuat pada tahun 1968.


International Network Working Group (INWG) dibentuk untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan membuat standar-standar untuk jaringan komputer termasuk internet di tahun 1972.
Vint Cert sebagai pembicara pertama yang kemudian dikenal "Bapak Internet".


Vint Cert dan Bob kahn mempulikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection" tahun 1974.


Juga di tahun 1974 perusahan kontraktor untuk ARPANET Bolt,Beranet,& Newman (BBN) membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang disebut Telenet,yang merupakan layanan paket data publik pertama.


Di tahun 1974 protokol TCP dibagi menjadi dua yaitu TCP/IP.

Kemudian istilah kata "internet" pertama kali digunakan sejak tahun 1982 dan TCP/IP di adopsi sebagai protokol universal untuk jaringannya.

Tidak ada komentar: