Kamis, 28 Agustus 2008

Wi-Fi

Wi-Fi atau Wi-fi,WiFi,Wifi,wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity,pengertiannya yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Networks-WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.
Standar terbaru spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16g kini dalam tahap penyusunan.

Wi-Fi adalah koneksi tanpa kabel seperti telepon seluler dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman.
Wi-Fi juga tak hanya mengakses internet tapi juga bisa digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Wi-Fi hanya dapat diakses dengan peralatan Wi-Fi Certified Radio seperti komputer,laptop,PDA,cellphone,templat:PSP.

Wi-Fi kini memiliki empat variasi dari 802.11,yaitu:
- 802.11a
- 802.11b
- 802.11g
- 802.11n
Perangkat Wi-Fi juga mampu bekerja di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).

Perangkat dengan standar teknis 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di Frekuensi 2,4 GHz atau yang biasa disebut ISM (Industrial,Scientific and Medical), sedangkan untuk perangkat yang berstandar teknis 802.11a dan 802.16 untuk perangkat WMAN atau yang dikenal juga dengan Wi-Max yang bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz.

Saat ini Hardware Wi-Fi yang ada dipasaran berupa:
* PCI
* USB
* PCMIA
* Compact Flash

Sedangkan mode akses koneksi Wi-Fi terdiri dua bagian yaitu:

-Ad-Hoc-
Dikenal juga dengan istilah peer-to-peer.Mode dimana beberapa komputer saling terhubung secara langsung,satu komputer menjadi server dan komputer lainnya sebagai Client.

-Infrastruktur-
yang menggunakan titik akses/access point yang befungsi sebagai pengatur lalu lintas data,sehingga memungkinkan client dapat terhubung dengan jaringan.

Sistem keamanan jaringan Wi-Fi antara lain
* WPA Pre-Shared Key
* WPA RADIUS
* WPA2 Pre-Shared key Mixed
* WPA RADIUS Mixed
* RADIUS
* WEP

Tidak ada komentar: